Minggu, 04 Oktober 2015

Dampak Fisik Yang Mengkhawatirkan


Sekjen KPAI menyampaikan kepada rekan media bahwa mereka akan berkoordinasi dengan berbagai lembaga negara dan berbagai mitra strategis seperti Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementrian Sosial, dan juga Kementerian Kesehatan.  Dampak yang sedemikian buruk terhadap anak atas perlakuan pelecehan seksual memang perlu diantisipasi dan ditanggulangi berbagai lembaga negara. Seperti yang Sobat GEMPA ketahui dari artikel sebelumnya bahwa pelecehan seksual terhadap anak akan berpengaruh buruk terhadap kondisi psikis anak. Kali ini KPAI juga menggandeng Kementrian Kesehatan untuk menanggulangi dampak fisik yang kerap juga diderita oleh korban.
Berbicara mengenai dampak fisik tentunya sangat tepat bila KPAI bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dalam penanggulangannya. Dampak fisik yang diderita oleh korban sangat mengkhawatirkan dari mulai penyakit menular yang dapat diobati dengan segera maupun penyakit seksual yang sulit disembuhkan total bahkan yang belum ditemukan obat nya seperti HIV. Seperti keterangan yang dipaparkan oleh Ibu dari korban sodomi berinisial FF yang terjadi di Jakarta Timur beberapa waktu lalu, bahwa visum et repertum yang dikeluarkan oleh RSCM mencatat bahwa terdapat luka akibat benda tumpul pada dubur si anak. Kenyataan dampak fisik lebih menyeramkan dapat kita lihat pada bocah korban sodomi di Sumbawa Barat pada beberapa waktu lalu yang berakhir dibunuh oleh pelaku.
Mengutip artikel dari website resmi Komisi Perlindungan Anak Indonesia bahwa salah satu siswa sekolah swasta internasional di kawasan Cilandak berusia tujuh tahun diduga menjadi korban pelecehan seksual. Bermodalkan bukti visum et repertum dari RS Siloam dan RS Polri Kramat Jati terkait dampak fisik yang timbul pada korban dapat menjadi alat bukti dalam proses penyidikan, terang Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Martinus Sitompul.

Melihat dampak psikis dan dampak fisik yang ditimbulkan pada anak pasca pelecehan seksual, melalui ini tim GEMPA mengajak Sobat GEMPA untuk tidak perlu menunggu lama dalam melakukan pemeriksaan terhadap anak yang dicurigai mendapat pelecehan seksual. Bila terlalu sulit mendiagnosa ciri-ciri melalui dampak psikis maka dapat melihat dampak fisik juga yang sangat mungkin terjadi dan lebih mudah diketahui.



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML