Senin, 05 Oktober 2015

#LetsgoGEMPA Episode 1

#LetsgoGEMPA merupakan nama kampanye yang kami gunakan untuk mengkampanyekan Gerakan Anti Pelecehan Seksual terhadap Anak. Salah satu langkah pertama kami adalah dengan membangun kepedulian orang dewasa akan pentingnya mencegah anak-anak menjadi korban pelecehan seksual.  Kampanye ini kami mulai dari lingkungan yang paling dekat dengan kami, yaitu lingkungan kampus.

Pada episode 1 ini, kami akan mengajak Rio Yudhoyono menjadi mahasiswa London School of Public Relations pertama yang menjadi sobat GEMPA. Rio Yudhoyono, yang akrab disapa Rio merupakan President Student League yang baru saja terpilih dalam masa jabatan 2015-2016. Rio merupakan salah satu mahasiswa aktif di kampus karena banyak berperan dalam kegiatan kampus. Rio juga memiliki perhatian khusus mengenai hal-hal yang berkaitan dengan anak-anak dan generasi muda.
Sebelum mengajak Rio menjadi sobat GEMPA, kami ingin mengetahui terlebih dahulu pengertian Rio mengenai pelecehan seksual terhadap anak. Menurut Rio, pelecehan seksual terhadap anak adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh seseorang terhadap anak berkaitan dengan orientasi seks seperti kemaluan anak. Menurut Rio, seseorang yang menyentuh bagian tubuh vital anak sudah dapat dikategorikan sebagai tindakan pelecehan seksual.

President Student League terpilih ini, juga menyebutkan penyebab seseorang melakukan pelecehan seksual kepada anak. Seperti pelampiasan nafsu seseorang dan bisa juga dipicu karena sudah menjadi penyakit kelainan dalam diri seseorang. Rio juga mengungkapkan bahwa “Upaya dasar untuk mencegah perlakuan pelecehan seksual adalah dengan membekali anak dengan pengetahuan seksual. Seperti memberi tahu bagian tubuh pribadi mereka yang memang tidak boleh disentuh oleh orang lain.”

Pembekalan semacam ini dapat memberi pengertian kepada anak tentang seperti apa seharusnya mereka diperlakukan oleh orang dewasa. “Perilaku pelecehan seperti apapun bentuknya pasti akan memberikan dampak negatif. Untuk dampak jangka pendek adalah trauma. Sedangkan untuk jangka panjang, bisa berpengaruh pada psikis dan fisik anak tersebut.” Tutur Rio, ketika kami bertanya tentang dampak pelecehan anak. 

Maka dari itu, sangat penting bagi sobat GEMPA untuk menjaga anak-anak agar tidak ada korban berikutnya. Karena pelaku pelecehan seksual ini tidak dapat dilihat secara kasat mata. Sehingga kadang sulit bagi anak untuk membedakannya. Rio pun mengimbau bagi para orang tua dan juga sobat GEMPA untuk memberikan edukasi seks sedini mungkin agar anak selalu aman dan nyaman.

Di akhir wawancara kami dengan Rio, kami bertanya sekaligus mengajaknya untuk menjadi sobat GEMPA dan membantu untuk menyebarkan kampanye ini. Dan dengan yakin ia menjawab “Tentu saja, saya akan berada di barisan terdepan dalam Campaign Let's Go GEMPA ini. Karena anak adalah aset bangsa yang sangat berharga.”

Itulah tuturan Rio, President Student League STIKOM LSPR yang baru saja bergabung menjadi  sobat GEMPA, bagaimana dengan kamu?


Mari selamatkan generasi muda #LetsgoGEMPA



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML